Minggu, 14 Desember 2008

A Free Lesson from English Made East (TM)

Memahami Kata Ganti

6B. Kata Ganti
Hal yang paling penting pada hukum ini adalah posisi jenis/nama orang yang muncul lebih dahulu di dalam satu kalimat. Jenis orang yang muncul lebih dahulu, kita sebut di posisi ke 1, yang muncul kemudian semuanya di posisi ke 2.

Contoh kalimat:
Saya akan makan siang dengan dia .

Di sini, karena kata ‘saya’ muncul lebih dahulu dibanding kata ‘dia’, maka:
Saya (posisi 1) akan makan siang dengan dia (posisi 2).

Maka dalam hal tersebut, kita harus tahu dan bisa membedakan jenis kata ganti yang diguna oleh jenis orang masing-masing.

Jenis Orang dan Posisi Harus dihafal!!!

POSISI 1 POSISI 2 Jenis Orang
I (ai) ME (mi) = saya
YOU (yu) YOU (yu) = kamu
HE (hi) HIM (him) = Dia (lelaki)
SHE (shi) HER (her) = Dia (wanita)
IT (it) IT (it) = Dia (Benda / Binatang)
WE (wi) US (as) = Kita
YOU (you) YOU (you) = Kalian
THEY (thei) THEM (them) = Mereka

Dalam bahasa Inggris, kita harus menggunakan kata Inggris 'saya' yang di posisi 1, dan kata Inggris 'dia' yang di posisi 2. Maka kalimat tersebut di bentuk bahasa Inggris menjadi:
I (posisi 1) will eat lunch with him (posisi 2).

jika posisi orang tersebut diganti, kalimat akan berubah menjadi:
Contoh:
Dia (posisi 1) akan makan siang dengan saya (posisi 2).
He (posisi 1) will eat lunch with me (posisi 2).

More Examples:
Mereka suka pergi dengan dia (wanita).
They like to go with her.

Dia (wanita) suka pergi dengan mereka.
She likes to go with them.

Kita mau nonton film dengan dia (lelaki).
We want to watch the show with him.

Dia (lelaki) mau nonton film dengan kita.
He wants to watch the show with us.

Dia (wanita) suka mengunjungi mereka.
She likes to visit them.

Mereka suka mengunjungi dia (wanita).
They like to visit her.

Saya berbicara dengan dia (lelaki).
I speak with him.

Dia (lelaki) berbicara dengan saya.
He speaks with me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your constructive comments are very valuable to us. Thank you n I will get back to you soon.